Rabu, 06 April 2016

AKOMODASI DI KOTA MAKASSAR

AKOMODASI DI KOTA MAKASSAR

Oleh :

Devi Marhawani, Winda Wahyuningsih, Reza Faridi


Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar merupakan salah satu Kota maju di kawasan Indonesia bagian timur, baik dalam segi perekonomian, industri bahkan pariwisata. Dilihat dari berkembangnya dan sedang gencar-gencarnya dilakukan pembangunan hotel di Kota Makassar sendiri, baik dari hotel kelas melati hingga hotel kelas berbintang. Tidak heran jika banyak investor yang ingin berinvestasi di Kota Makassar, terkhusus dalam sektor akomodasi.

Ada beberapa klasifikasi/jenis-jenis akomodasi di Kota Makassar, salah satunya yaitu klasifikasi mengenai hotel. Pengertian dari hotel sendiri merupakan salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bangunannya untuk jasa pelayanan penginapan, penyediaan makan dan minum serta jasa lainnya yang dikelola secara komersil. Misalnya hotel berbintang yang ada di Kota Makassar yaitu Hotel Aryaduta yang tepat berada di jalan Penghibur dengan view langsung berhadapan dengan Pantai Losari dimana kita ketahui bersama Pantai Losari merupakan icon dari Kota Makassar sendiri. Tidak jauh dari Hotel Aryaduta, disekitar Pantai Losari juga terdapat beberapa hotel berbintang seperti Makassar Golden Hotel, Hotel Pantai Gapura dan hotel baru yang menjadi incaran para wisatawan yang sekarang dalam tahap pembangunan yaitu Hotel Swissbellin, beberapa hotel berbintang tersebut menyuguhkan pemandangan dengan langsung berhadapan dengan laut (sea view). Selanjutnya bukan hanya hotel kelas berbintang yang menyuguhkan pemandangan yang berhadapan langsung dengan laut (sea view) tetapi terdapat pula hotel berbintang yang berada di tengah Kota Makassar atau dekat dengan pusat perbelanjaan, misalnya Hotel Sahid yang berada di Jalan Ratulangi, Hotel Horison yang tepat berada di Jalan Jend.Sudirman. Hotel-hotel berbintang tsb menyuguhkan view yang langsung berhadapan dengan keramaian di Kota Makassar (city view).

Untuk klasifikasi selanjutnya mengenai jenis-jenis akomodasi yaitu Guest House, pengertian dari Guest House sendiri adalah sejenis akomodasi baik itu milik perorangan atau perusahaan yang diperuntukkan khusus bagi tamu yang akan menginap. Guest House sendiri dapat berupa rumah pribadi yang disewakan untuk kepentingan tamu. Untuk akomodasi jenis Guest House di Kota Makassar sendiri keberadaannya/jumlahnya sudah lumayan banyak walaupun tidak sebanyak jumlah atau pembangunan Hotel di Kota Makassar, ada beberapa Guest House di Kota Makassar seperti, Matura Guest House yang terdapat di Jalan Urip Sumohardjo yang tetap berada di samping Rumah Sakit Awal Bros, adapula Guest House yang berada di Jalan Hertasning. Guest House mempunyai fasilitas yang sangat sederhana berbeda dengan hotel berbintang, tanpa menyediakan fasilitas makan dan minum.

Membahas mengenai Guest House di Kota Makassar yang sudah banyak keberadaannya selanjutnya kita akan membahas mengenai Apartment yang sedang dalam tahap pembangunan. Apartment yang sedang dalam tahap pembangunan tsb berada di Jalan Boulevard yang kita ketahui bersama lokasi Apartment tsb sangat strategis, di tengah perkotaan dan dekat dengan pusat perbelanjaan.

Untuk klasifikasi akomodasi selanjutnya adalah Resort. Resort biasanya Resort berada di pinggir kota atau berada di pegunungan maupun daerah pantai. Seperti Ammatoa Resort yang berada di Kabupaten Bulukumba yang menyuguhkan pemandangan dan fasilitas yang sangat memadai, word can explain how beautiful that resort hehe ^_^. Untuk jenis resort sendiri di Kota Makassar khususnya tidak terdapat resort, resort tsb kebanyakan berada di Kabupaten di Sulawesi Selatan.

Beralih dari topic pembahasan resort kita akan bergeser ke Conferences. Conferences merupakan suatu tempat yang digunakan untuk pertemuan yang sudah tidak asing lagi lebih tepatnya yaitu Meeting, Incenitve, Conference & Exhibition (MICE) baik untuk yang berskala nasional maupun internasional. Karena seperti yang kita ketahui bersama Kota Makassar sendiri termasuk dalam kategori Kota industri MICE yang sedang berkembang. Maka dari itu di setiap Hotel berbintang yang ada di Kota Makassar telah menyediakan beberapa fasilitas ruang meeting atau ballroom yang dapat digunakan untuk acara MICE. Terdapat pula beberapa bangunan yang ada di Kota Makassar seperti Gedung Celebes Convention Centre (CCC) merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk pelaksanaan beberapa event baik itu berskala Nasional maupun Internasional.


Demikian beberapa informasi mengenai Akomodasi di Kota Makassar, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan tulisan kami selanjutnya.

MERCI BEACOUP ^_^

0 komentar:

Posting Komentar